Sekilas Pandang Desa Selanegara


Desa selanegara adalah sebuah Desa di Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Desa Selanegara Merupakan Desa terluas kedua di Kecamatan Sumpiuh dengan luas Wilayah 438 Ha dan jumlah penduduk 6.854 jiwa, dengan 3.378 jiwa penduduk perempuan dan 3.476 jiwa adalah penduduk laki-laki. Desa Selanegara sebelah barat berbatasan dengan Desa Lebeng dan Desa Ketanda, sebelah utara dengan Desa Banjarpanepen,sebelah timur dengan Desa Bogangin, Desa Gumelar Lor dan sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Sumpiuh, Kelurahan Kradenan dan Kelurahan Kebokura.
Desa Selanegara adalah Desa yang indah pemandangannya damai, tentram serta masyarakatnya ramah dengan hawa sedikit pegunungan yang segar, karena topografi Desa Selanegara adalah sebagian sebagai dataran pesawahan dan ladang, sebagian yang lain berupa pegunungan dengan perkebunan rakyat berupa tanaman produktif kelapa, buah-buahan dan tanaman keras lainnya.


Desa Selanegara terbagi atas tiga (3) Dusun, Tiga Puluh Sembilan (39) Rukun Tetangga (RT) dan Lima (5) Rukun Warga (RW). Adapaun masing-masing kadus membawahi dua (2) wilayah RW, dengan masing-masing Kepala Dusun adalah Kadus I Bapak Kasmun, Kadus II Bapak Sujiman dan Kadus III adalah Bapak Isban. Sebagian besar Penduduk Desa Selanegara bermata percaharian sebagai Petani, Pedagang dan Buruh.

Pendidikan di Desa Selanegara tergolong baik, dengan terdapatnya bangunan pendukung pendidikan yang meliputi, satu gedung PAUD, satu gedung TK, satu gedung Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan Tiga gedung sekolah dasar (SD). Tidak sedikit pula penduduk Desa Selanegara yang mengenyam pendidikan sampai ke Perguruan Tinggi.

Potensi Desa Selanegara dibidang makan ringan meliputi Lanting kuning, Slondok, Sriping Talas, dan Tahu.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

TINGGALKAN KESAN ANDA TERHADAP BLOG KAMI, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA, SEMOGA INI BERMANFAAT BAGI ANDA

Tags

Blog Archive